Tata Kelola Perusahaan

Sekilas


Prinsip Tata Kelola Perusahaan (Good Corporate Governance) merupakan elemen penting dalam mewujudkan perusahaan yang sustainable serta searah dengan visi dan misi perusahaan. Manajemen telah membentuk pihak-pihak pendukung sebagai unit kerja untuk mengendalikan, mengawal, dan bertanggung jawab atas implementasi GCG sekaligus sebagai mitra kerja dari komite-komite di bawah Dewan Komisaris.

Pemahaman tentang tata kelola Perusahaan atau Good Corporate Governance (GCG) memiliki peran penting untuk memastikan serta menjamin pelaksanaan manajemen yang dijalankan dengan baik sehingga dapat mengembangkan Perusahaan untuk meraih kesuksesan. Implementasi GCG merupakan upaya optimalisasi Perusahaan untuk memberi nilai lebih kepada pelanggan, masyarakat, juga para pemangku kepentingan, selain menjadikan Perusahaan yang memiliki tingkat korporasi yang tinggi. GCG diperlukan untuk menunjang Perusahaan agar kuat dan sustainable. GCG juga berimplikasi pada sistem strukturisasi di Perusahaan yang kokoh dan rapih.

Corporate Governance (CG) berawal dari usulan untuk menyempurnakan peraturan bagi emiten yang tercatat di BEJ (sekarang Bursa Efek Indonesia) tahun 1998, yang mewajibkan seluruh Perusahaan untuk mengangkat Komite Audit dan Komisaris Independen serta memberikan peran aktif Sekretaris Perusahaan untuk memenuhi kewajiban keterbukaan informasi.

Pemerintah Indonesia mendirikan Komite Nasional tentang Kebijakan Governance (KNKG) dengan surat Keputusan Menteri Negara Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan dan Industri Nomor: KEP-31/M.EKUIN/06/2000. KNKCG bertugas merumuskan dan membuat rekomendasi kebijakan nasional mengenai GCG, mempelopori, dan memantau perbaikan dan inovasi dalam bidang corporate governance di Indonesia. Salah satu usahanya adalah menerbitkan pedoman GCG
Indonesia.

Penerapan GCG dalam Perusahaan sangat penting guna mengelola seluruh struktur dan sistem dengan baik. Pengimplementasian GCG akan berdampak positif pada
Perusahaan, seperti efisiensi, kompetitif, sustainable growth, optimum value serta high return. Penerapan GCG akan meningkatkan keyakinan investor terhadap Perusahaan dan menambah daya tarik Perusahaan sebagai target investasi. Di TOTAL, GCG menjadi sebuah sistem yang dapat mengarahkan serta memonitor Perusahaan guna peningkatan kemakmuran bisnis yang accountable. Secara fungsional, penerapan GCG memberikan hak dan tanggung jawab kepada pihak-pihak
yang berkepentingan atas Perusahaan. Hal ini menciptakan keseimbangan eksternal dan internal karena proses kontrol yang efektif di keduanya.

Di masa mendatang, TOTAL berharap untuk menjadikan GCG sebagai corporate culture guna meminimalisir seluruh aspek yang merugikan dalam Perusahaan.


Pride and Excellence in Construction

EnglishIndonesia