Konstruksi Hijau

Implementasi Konstruksi Hijau


Upaya TOTAL dalam menerapkan prinsip-prinsip green construction mendapat respon positif dari pelanggan. Pengenalan konsep bangunan hijau kepada pelanggan yang dilakukan oleh TOTAL pun membuat pelanggan tertarik untuk menerapkannya dalam pelaksanaan proyek pembangunan gedung. Meskipun kadang terdapat perbedaan pemahaman atas konsep tersebut, penjelasan yang lebih mendetail yang dilakukan TOTAL pun mendapat respect dari pelanggan.

Terkait dengan cost yang dibebankan kepada pelanggan, biaya tersebut disesuaikan dengan konsep desain dan metode bangunan hijau yang akan diterapkan, seperti penerapan pasif desain, modular, dan pengulangan, prefab system, dan material reused. Selain itu, TOTAL pun juga menerapkan waste management dalam pengerjaan proyek.

Selanjutnya, dalam melakukan sistem dewatering, sistem untuk mengembalikan air ke dalam tanah (recharging well, retention pond) juga diterapkan dalam pelaksanaan proyek. Selain membangun gedung dengan konsep ramah lingkungan, TOTAL juga berkomitmen untuk ikut menerapkan konsep hijau pada gedung kantor yang saat ini dipakai melalui greenship existing building. Oleh karena itu, penerapan konsep tersebut pun dimasukkan dalam program kerja tahun ini. Untuk mendukung proses tersebut, internal perusahaan pun telah melakukan sosialisasi mengenai pentingnya menerapkan prinsip-prinsip green building dan green construction. Sosialisasi ini pun dilakukan mulai dari tingkat jajaran Direksi, Kepala Bagian, Manager Proyek, hingga Seluruh Staf.

Konsep green construction dalam menjaga lingkungan sangat penting diimplementasikan terutama di lingkungan sekitar yang terkena dampak langsung pembangunan gedung. Penerapan prinsip-prinsip green construction ini dilaksanakan melalui beberapa tahap, antara lain sosialisasi konsep tersebut kepada masyarakat sekitar proyek, pelaksanaan survey and mapping mengenai kondisi rumah dan tanah yang bersebelahan dengan proyek, serta melakukan survey mengenai potensi material lokal di sekitar lokasi proyek.

Green Construction merupakan komitmen TOTAL untuk meminimalisir dampak negatif pelaksanaan proyek gedung terhadap lingkungan.

 

Pada saat pelaksanaan, TOTAL juga berupaya meminimalisisasi polusi suara, getaran, dan limbah, dengan memakai metode sistem hidrolik (Hydrolic Static Pile Driver) pada pelaksanaan pondasi.

Untuk tempat tinggal pekerja (Labour Camp) tempat tinggal tersebut diupayakan sedekat mungkin dengan lokasi proyek, guna memudahkan pekerja dalam mengefisiensi waktu sehingga para pekerja akan cepat sampai di lokasi dengan cukup berjalan kaki tanpa menggunakan transportasi yang cenderung menambah beban pemakaian BBM dan polusi. Begitu pula dengan kebutuhan sanitari, kegiatankegiatan pendukung sanitari telah dijalankan sesuai dengan efisiensi dan konservasi prinsip green construction, seperti penghematan air, listrik, serta perlindungan lingkungan.

TOTAL berupaya meminimalisir polusi suara dan getaran seperti memakai metode sistem hidrolik (Hydrolic Static Pile Driver).

 


Pride and Excellence in Construction

EnglishIndonesia