Komite

Sekretaris Perusahaan


Sekretaris Perusahaan saat ini dijabat oleh Mahmilan Sugiyo Warsana. Warga Negara Indonesia, lahir tahun 1966. Diangkat sebagai Corporate Secretary Perseroan sejak 11 Juli 2014 berdasarkan Surat Tugas No. 1718/B.3-502/VII/2014. Meraih gelar Sarjana Teknik Sipil dari Universitas Gajah Mada (1990), sedangkan gelar Magister Manajemen diperoleh dari STIE IPWI (1998) dan menyelesaikan Magister Ilmu Hukum dari Universitas Jayabaya (2008). Karirnya bersama dengan PT Total Bangun Persada Tbk dimulai sebagai Contract Manager (2000) dan kemudian ditunjuk sebagai Legal Dept Head (September 2009) sebelum menjadi Corporate Secretary pada 2014. Sebelumnya beliau memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun berkarir di beberapa perusahaan Konsultan Quantity Surveying, antara lain PT Woltrowindo, WT Partnership dan PT Korra Antarbuana. 

Tugas Sekretaris Perusahaan

Sekretaris Perusahaan berperan penting dalam memfasilitasi komunikasi antara organ Perusahaan, hubungan antara Perusahaan dengan Stakeholders, serta kepatuhan terhadap peraturan dan perundangan-undangan yang berlaku. Untuk mendukung peranan tersebut, Sekretaris Perusahaan diangkat dan bertanggungjawab kepada Presiden Direktur.

Secara rinci, tugas dan fungsi Sekretaris Perusahaan TOTAL adalah:

Sekretaris Perusahaan bertugas untuk memfasilitasi dan membina komunikasi baik eksternal dan internal, menjalin hubungan dengan otoritas pasar modal, lembaga penunjang pasar modal, media, organisasi, maupun instansi pemerintah yang berkaitan dengan lingkungan bisnis Perusahaan.

Sekretaris Perusahaan bertugas untuk memastikan telah dilaksanakannya Anggaran Dasar Perusahaan, membuat interpretasi yang jelas tentang aplikasi dan peraturan yang berhubungan dengan kegiatan Perusahaan, mengamati dan memahami peraturan pasar modal dan peraturan pemerintah yang berhubungan dengan aktivitas Perusahaan di pasar modal, serta memperhatikan, mengikuti, dan memastikan bahwa Perusahaan telah mematuhi ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sekretaris Perusahaan memiliki tugas untuk memberikan informasi terkini tentang Perusahaan secara rutin kepada investor atas kinerja dan prospek Perusahaan termasuk aspek finansial. Investor Relation juga membina hubungan yang harmonis dengan kalangan pengamat keuangan/pasar modal serta lembaga-lembaga keuangan lainnya, termasuk mengelola, menganalisis, dan membuat laporan mengenai segenap informasi strategis Perusahaan terutama dalam bidang perekonomian dan keuangan yang berkaitan dengan lingkungan bisnis Perusahaan.

Agar Sekretaris Perusahaan dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik, TOTAL telah menetapkan beberapa kebijakan antara lain:

  1. Memberi wewenang dan sumber daya yang memadai bagi Sekretaris Perusahaan;
  2. Melaporkan pelaksanaan tugas Sekretaris Perusahaan secara berkala kepada Presiden Direktur;

Pride and Excellence in Construction

EnglishIndonesia