Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Dalam Bidang Lingkungan Hidup


Kebijakan

Kepedulian TOTAL terhadap kegiatan kepedulian lingkungan hidup ditunjukkan dengan menjadikan perusahaan lebih ramah terhadap lingkungan hidup, terutama di lokasi proyek, yang termanifestasi antara lain melalui green construction dan green building. Sebagai langkah konkretnya, TOTAL merancang program dan kegiatan CSR yang lebih baik, melalui perubahan konsep pelaksanaan pengelolaan lingkungan yang mengacu pada ISO 26000. Selain itu, kebijakan CSR TOTAL dalam bidang lingkungan hidup juga mengacu pada standar Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001 yang dilaksanakan dengan menetapkan target perlindungan terhadap pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh proyek konstruksi gedung. Sistem ini merupakan standarisasi internasional untuk Sistem Manajemen Lingkungan (SML) yang secara luas digunakan di dunia.

Kebijakan CSR TOTAL dalam bidang lingkungan berisi kerangka arahan untuk melaksanakan penerapan, pemeliharaan, pengembangan, perbaikan, dan pengelolaan lingkungan hidup untuk meminimalisasi kemungkinan dampak lingkungan negatif, mengembangkan pengaruh positif, serta memanfaatkan sumber daya alam secara bijak. TOTAL optimis bahwa melalui kebijakan program CSR lingkungan yang bertanggung jawab, keberadaan Perusahaan sebagai kontraktor dalam proyek Gedung bertingkat akan diterima dengan baik oleh masyarakat, pemegang saham, serta pemangku kepentingan lainnya. TOTAL senantiasa menyelenggarakan kegiatan proyek gedung yang didasari dengan wawasan tentang lingkungan dan berperan serta dalam upaya mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.

 

Program dan Kegiatan yang Dilakukan

Upaya konkret TOTAL dalam melestarikan lingkungan hidup di setiap lokasi usaha dan lingkungan sekitar Perusahaan, diimplementasikan dengan cara:

  • Menjaga kelestarian lingkungan.
  • Menaati peraturan perundang-undangan dan standar pengelolaan lingkungan.
  • Menyediakan semua perlengkapan dan peralatan pengelolaan lingkungan.
  • Melakukan penyesuaian dan perbaikan lingkungan hidup untuk mengurangi dampak negatif lingkungan dan mengembangkan dampak positif serta memanfaatkan sumber daya alam secara bijak.
  • Melakukan tindakan yang bersifat promotif dan preventif untuk mengantisipasi keadaan darurat.
  • Melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap pencemaran lingkungan yang terjadi.
  • Membuat laporan atas setiap pencemaran lingkungan yang terjadi.
  • Melakukan pemeriksaan, inspeksi, dan evaluasi secara berkala terhadap semua sarana.
  • Melakukan pelatihan penanggulangan pencemaran lingkungan.
  • Penyuluhan penggunaan dan pembuangan bahan kimia berbahaya.
  • Penanaman pohon di lingkungan sekitar proyek.

Komitmen TOTAL untuk menerapkan konsep Green Construction atau Green Building atas proyek-proyek yang dibuat, dilaksanakan secara keseluruhan; mulai dari upaya mitigasi hingga pengecekan berkala.

 

Sertifikasi TOTAL dalam Bidang Lingkungan

TOTAL telah memiliki sertifikasi dalam bidang lingkungan yang meliputi Occupational Health and Safety Assessment Series OHSAS 18001:2007, Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. 05/Men/1996, tentang Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) serta Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001:2015. 


Pride and Excellence in Construction

EnglishIndonesia