Komite

Komite Audit


Dewan Komisaris membentuk Komite Audit untuk membantu Dewan Komisaris dalam melakukan pengawasan atas pelaksanaan fungsi Direksi dalam pengelolaan perusahaan sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik. Anggota Komite Audit diangkat dan diberhentikan oleh Dewan Komisaris dan dilaporkan dengan RUPS.

Pembentukan Komite Audit bagi perusahaan publik dan kriteria keanggotaannya mengacu pada Lampiran Keputusan Ketua Bapepam nomor: Kep-29/PM/2004 tanggal 24 September 2004, Peraturan Nomor IX.I.5 tentang Pembentukan dan Pedoman Pelaksanaan Kerja Komite Audit. Anggota Komite Audit paling kurang terdiri dari seorang Komisaris Independen sebagai ketua komite dan dua orang pihak independen.

Keanggotaan Komite Audit didasarkan atas beberapa syarat yakni, memiliki integritas yang tinggi, setidaknya satu anggota Komite Audit memiliki latar belakang pendidikan akuntansi atau keuangan, memiliki pengetahuan yang cukup dalam membaca dan memahami laporan keuangan. Anggota Komite Audit mempunyai pengetahuan dan pengalaman yang memadai sesuai dengan latar belakang pendidikannya, serta mampu berkomunikasi dengan baik.

 

Susunan Keanggotaan Komite Audit

Sesuai dengan surat pemberitahuan kepada Bapepam Nomor: 56/IR.02/I/2007 tanggal 24 Januari 2007, Komite Audit PT Total Bangun Persada Tbk telah resmi dibentuk pada tahun 2007. Piagam Komite Audit menjadi landasan kerja Komite Audit, dimana pada piagam tersebut diatur secara rinci mengenai visi, misi, tujuan, sasaran kerja, dan tugas Komite Audit, maupun mengenai wewenang dan kode etik, tanggung jawab pelaporan. Susunan anggota Komite Audit adalah sebagai berikut:

 

Tugas, Tanggung Jawab dan Wewenang Komite Audit

Tugas dan wewenang Komite Audit adalah membantu Dewan Komisaris dalam melaksanakan fungsi pengawasan dan memberi masukan kepada manajemen PT Total Bangun Persada Tbk. Dalam menjalankan tugasnya Komite Audit wajib bersikap professional dan independen tanpa campur tangan dari pihak manapun sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan.

Direksi bertanggung jawab sepenuhnya atas penyajian laporan keuangan yang sesuai dengan standar dan ketentuan yang berlaku, kecukupan pengelolaan risiko dan sistem pengendalian internal.

Adapun tugas dan tanggung jawab Komite Audit adalah:

Komite Audit berwenang untuk mengakses catatan atau informasi tentang karyawan, data keuangan, aset serta sumber daya perusahaan lainnya yang berkaitan dengan pelaksanaan tugasnya. Dalam melaksanakan wewenangnya, Komite Audit bekerja sama dan berkoordinasi dengan Unit Internal Audit dan Eksternal Auditor.

 

Profil Komite Audit

Drs. Rusdy Daryono

Ketua
Kewarganegaraan: Indonesia
Tempat & Tahun Kelahiran: Pontianak, 1950
Domisili: Jakarta

 

Beliau memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia pada tahun 1976. Memiliki pengalaman selama lebih dari 40 tahun di sektor keuangan diantaranya sebagai Akuntan Publik di Drs. Utomo, Mulia & Co pada tahun 1973. Kemudian bergabung di PT Salim Economic Development Corp pada 1978, PT Hardy Trading pada 1982 dan Akuntan Publik untuk Kantor Akuntan Publik (KAP) Prasetio, Utomo & Co dari 1987-2002 dan Partner untuk KAP Osman Ramli Satrio & Partner dari 2003 sampai dengan 2006. Saat ini juga menjabat sebagai Komisaris Independen PT Bank UOB Indonesia dan anggota Komite Audit PT Sentul City Tbk.

Menjabat sebagai Ketua Komite Audit di PT Total Bangun Persada Tbk sejak Juni 2018 berdasarkan Surat Keputusan No: 258/B.2-01/VI/2018 tentang Pengangkatan Komite Audit.


Aria Kanaka, CPA

Anggota
Kewarganegaraan: Indonesia
Tempat & Tahun Kelahiran: Jakarta, 1974
Domisili: Jakarta

 

Lulus dari Fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi, Universitas Indonesia, Jakarta pada 1997 dan meraih gelar Magister Akuntansi pada 2010. Beliau mengawali karir di Universitas Indonesia sebagai asisten dosen (1997-2000), dan masih mengajar di Universitas Indonesia hingga saat ini.

Menjabat Anggota Komite Audit di PT Total Bangun Persada Tbk sejak Juni 2018 berdasarkan Surat Keputusan No: 258/B.2-01/VI/2018 tanggal 25 Juni 2018 tentang Pengangkatan Komite Audit


Ninik Herlani Masli R, S.E., M.M.

Anggota
Kewarganegaraan: Indonesia
Tempat & Tahun Kelahiran: Semarang, 1957
Domisili: Jakarta

 

Warga Negara Indonesia, 62 tahun, lahir di Semarang pada 1957. Lulus dari Fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi, Universitas Trisakti, Jakarta (1981) serta meraih gelar Magister Manajemen dari Universitas Indonesia (2007). Beliau memulai karir di Kantor Akuntan Publik Utomo (SGVUtomo) sejak 1985 hingga 2012, dan bergabung dengan PT Bank Central Asia dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Pengembangan dan Kualtas Audit. Saat ini beliau masih aktif menjabat sebagai Komisaris Independen pada PT Bank Sumitomo Mitsui Indonesia.

Beliau menjabat sebagai anggota Komite Audit di PT Total Bangun Persada Tbk sejak Juni 2018 berdasarkan Surat Keputusan No. 258/B.2-01/VI/2018 tanggal 25 Juni 2018 tentang Pengangkatan Komite Audit.


Pride and Excellence in Construction

EnglishIndonesia